Pendidikan Berkarakter [Bagian 2]

Ringkasan Grand Design Pendidikan Karakter (1)

(Kemdiknas)

Kutipan berikut (pada bagian akhir Desain Induk Pendidikan karakter Kemdiknas) secara gamblang menjawab pertanyaan apa itu desain induk pendidikan karakter dan untuk apa.

Desain Induk Pendidikan Karakter ini merupakan pedoman bagi seluruh seluruh pemangku kepentingan yang terkait pendidikan karakter dalam penyelenggaraan pendidikan karakter secara nasional periode lima belas tahun mendatang. Desain Induk Pendidikan Karakter ini juga menjadi acuan bagi seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional dan berbagai intansi terkait  dalam  penyusunan rencana strategis lima tahunan dan rencana kerja tahunan  dalam bidang pendidikan karakter. Dengan adanya Desain Induk Pendidikan Karakter ini diharapkan penyelenggaraan pendidikan karakter dapat tersusun secara sistematik, terpadu, dan berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Grand concept ini dapat diringkas menjadi 5 bagian, yaitu latar belakang; kerangka dasar; arah, serta tahapan dan prioritas;  pendekatan; dan strategi implementasi.

A. Latar Belakang

Terdapat kesenjangan yang luar biasa besar antara cita-cita ideal Bangsa dengan kondisi real bangsa Indonesia. Cita-cita ideal tersebut ditegaskan dalam pembukaan UUD 1945; dijabarkan dalam dalam Rencana pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan dipertajam dalam UU Sisdiknas. Berikut kutipan Tujuan pendidikan nasional pada UU Sisdiknas 2003.

Pendidikan  nasional  berfungsi  mengembangkan  kemampuan  dan  membentuk  watak serta  peradaban  bangsa  yang  bermartabat  dalam  rangka  mencerdaskan  kehidupan bangsa,  bertujuan  untuk  berkembangnya  potensi  peserta  didik  agar menjadi manusia yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak mulia,  sehat, berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri,  dan  menjadi  warga  negara  yang  demokratis  serta bertanggung jawab

Deskripsi tentang kondisi real bangsa dengan mudah dapat dibuat panjang lebar dan membosankan. Singkat kata, bangsa Indonesia mengalami krisis akut. Profil manusia yang digambarkan pada Sisdiknas tersebut jarang ditemukan di dunia nyata.

B. Fungsi Pendidikan karakter

  1. Pembentukan dan pengembangan potensi warga negara
  2. Perbaikan dan penguatan karakter warga negara
  3. Filter terhadap budaya asing

C. Tujuan Pendidikan karakter

Pendidikan karakter dilakukan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu  untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

D. Ruang lingkup

Lembaga Pendidikan Formal, non formal dan informal

(Bersambung)

_________________________________________________________

Sumber:

Silahkan unduh di sini.

Desain-Induk-Pendidikan-Karakter-Kemdiknas

Kebijakan-Nasional-Pendikar

NASKAH-RAN-KEMENDIKNAS-REV-2

Rencana Pembangunan Pendidikan Nasiona Jangka Panjang

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pendidikan Berkarakter [Bagian 2]

  1. Ecep berkata:

    menurut aku sih konsep pendidikan karakter akan bernasib kurang lebih sama dengan konsep-konsep sebelumnya. pergantian pemerintahan biasanya akan membawa perubahan pada banyak kebijakan, termasuk dalam sistem pendidikan nasional.

  2. Anonim berkata:

    nada pesimis semacam itu dapat dipandang wajar. karena memang biasanya begitulah faktanya. namun membuyarkan semua harapan nampaknya terlalu ekstrem juga. lebih baik kita menunggu bagaimana konsep pendidikan karakter diimplementasikan mulai tahun ajaran 2011-2012. dakungan semua stake holder sangat dibutuhkan.

  3. nurfalah berkata:

    ya, lebih bijak kita menunggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s